Tuesday, September 18, 2007

Uji nyali lewat wisata alam

Ingin mengetahui sejauh mana kemampuan Anda dalam menghadapi bahaya? jika Iya, bisa jadi kegiatan wisata alam di pusat wisata alam arung jeram di Citarik Sukabumi menjadi salah satu bukti bahwa Anda orang bernyali.
Perjalanan menuju pusat wisata yang satu ini cukup melelahkan dan berkelok-kelok, jadi perut Anda sudah akan dikocok sejak perjalanan menuju kawasan desa Cikidang yang menurun dan berkelok itu. setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam lebih, maka Anda akan masuk ke kawasan Caldera seluas 3,5 hektar yang langsung memanjakan mata Anda dengan nuansa alamnya yang segar.

Uji nyali berafting ria
Namun tantangan lain sudah akan menunggu Anda, yakni mengarungi arus sungai Citarik yang bermuara ke Pelabuhan Ratu yang terkenal dengan arusnya yang kencang dan juga struktur sungainya yang berbatu.
Sebelum mengarungi arus, kita akan mengenakan beragam peralatan standar rafting seperti pelampung, dan helm untuk keselamatan, serta dayung untuk menjalankan perahu karet.
Sebelum beraksi para skipper (pemandu perahu) yang kali ini juga terdiri dari para wanita yang dilatih khusus dalam even ini, memberikan briefing singkat mengenai prosedur utama dalam berarung jeram yang aman dan nyaman.


Dalam olahraga pemompa jantung ini, ada lima macam tantangan yakni tantangan tersedia, yakni Salamander dengan jarak sekitar 5km dengan melewati 12 jeram selama sekitar 1 jam, tantangan Alligator dengan jarak tempuh 9 km dalam 2 jam, tantangan crocodile dengan jarak tempuh 11 km dengan waktu 3 jam, Grand Crocodile dengan jarak tempuh 17km dalam waktu 5 jam.

Untuk anak-anak yang ingin menjajal kemampuanya, tersedia rafting untuk anak-anak yakni baby salamander yang ditujukan untuk anak usia 3 sampai 9 tahun dengan jarak tempuh sekitar 3 km dengan waktu selama 90 menit saja.
Dimasing-masing jeram, memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, dimana dari jeram pertama ke jeram berikutnya tantangan akan makin besar dan berat, karena perjalanan yang makin menurun.
Kondisi aman untuk rafting ketika volume air setinggi 80cm hingga 90cm, dan kondisi cuaca tengah cerah. namun bagi para profesional umumnya lebih suka jika volume air lebih tinggi dan ketika cuaca tengah hujan rintik. “Lebih baik rafting dilakukan pagi hingga sore hari sebelum arus makin naik,"
Usai menuju garis finish, Anda masih akan menghadapi tantangan lain menuju garis start berarung jeram tadi. Dengan menaiki mobil pick up, perjalanan berbatu terjal yang terus menanjak menambah memacunya adrenalin Anda.
Jika hujan baru saja turun akan berbahaya bagi Anda menaiki pick up ini, alternatifnya Anda harus berjalan dalam jarak aman tertentu yang telah ditentukan.
Teambuilding
Selain arung jeram, Anda juga bisa menguji nyali Anda lewat flying fox sepanjang 14meter bersudut sekitar 90derajat diatas permukaan air sungai citarik. Namun sebelum meluncur, Anda harus melewati jembatan gantung berkaki kayu yang cukup licin saat hujan turun, dan juga sedikit menanjak menuju kepuncak start flying fox.
Permainan menantang lainnya yang tersedia di Caldera adalah paintball dan juga rope course yakni berjalan diatas tali berbentuk segitiga yang ditujukan untuk keseimbangan.
Selain permainan menantang, terdapat juga kegiatan kelompok yang membutuhkan kerjasama tim. Karena pada dasarnya, permainan yang ada menggunakan sistem experiental cycling yang mengajak pesertanya untuk aktif dalam proses belajar menciptakan komunikasi satu sama lain serta kreatif dan berinovasi dalam menyelesaikan permainan yang dihadapi.
Jika Anda berminat untuk bermalam untuk refreshing atau gathering bersama rekan-rekan kantor, juga disediakan fasilitas 10 buah pondokan bergaya rumah lombok dengan kapasitas 10-20 orang, dan juga 10 tenda dome berkapasitas 3 orang bagi Anda yang ingin tidur hanya beralaskan matras dan sleeping bag. Jadi sudah siap menguji nyali sambil refreshing?